Mungkin anda
sering melihat sebuah label undangan yang berbentuk persegi panjang yang
menempel di kertas undangan. Mungkin dalam benak anda sering bertanya-tanya
bagaimana ya cara membuatnya? Itu sangat gampang kok, ikutin aja langkah-langkah
berikut ini. Tapi di sini saya membuat data undangannya dari Ms. Excel karenan
lebih sederhana.
Langkah 1
1. Buka
Program Ms. Excel
2. Setelah
itu, anda tulis dulu ya… nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah
ini:
3. Setelah
itu jangan lupa di simpan, dengan nama file “Data Undanganâ€
4. Setelah
itu program Ms. Excel nya close.
Langkah 2
Kita akan
membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis
Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Buka
program Ms. Word, seperti di bawah ini
2. Klik
menu Mailings – Label,
3.
Klik Options.
4.
Klik New Label.
- Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda
- Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
- Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
- Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
- Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
- Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
- Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
- Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
- Number down, banyaknya label dalam satu kolom
- Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
- Page Width, lebar ukuran kertas label
- Page Height, tinggi ukuran kertas label
5. Setelah semua terisi dengan benar,
kemudian klik OK
6.
Klik Ok
7. Klik New Document, maka
Ms. Word akan membuka lembar baru seprti di bawah ini
8. Setelah
itu Save, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang
telah kita buat tadi)
Langkah 3
1. Klik
Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih
Use Existing List.
2. Buka File
Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi – Klik Open
3. Maka
tampil kotak dialog “Select Tableâ€, karena kita tadi
menulis nama undangan diSheet 1, klik Sheet 1$ – Ok
4.
Selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita
klik Insert Merge Field - Kemudian klik Filed satu persatu
sesuai dengan posisi yang diinginkan.
5. Setelah
masuk semua maka hasilnya seperti dibawah ini:
6. Hal yang
paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record
didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris
pertama. Klik Maillings – Rules – Next Record
Sehingga
seperti gambar berikut :
7. Untuk
melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon
Dan lihat
hasilnya seperti ini :
8. Untuk
mengePrintnya…. Klik Finish & Merge – Print Document…
- All, jika kita ingin mengeprint semua
- Current Record, jika kita hanya ingin mengeprint yang di tampilkan di record
- Form..to, jika kita ingin mengeprint dari record ke record berapa.
9.
Klik Ok
· Catatan:
jangan lupa yaukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties
Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar